Pengertian Stratifikasi Sosial dalam Masyarakat

Pendahuluan

Sabahat Pembaca, dalam kehidupan bermasyarakat, seringkali kita didapati adanya berbagai perbedaan dan perbedaan tersebut dapat mempengaruhi posisi dan status sosial seseorang dalam masyarakat. Perbedaan ini tercermin dalam apa yang disebut dengan stratifikasi sosial.

Stratifikasi sosial merupakan suatu fenomena yang ada di masyarakat yang dibedakan berdasarkan hierarki dan pemisahan kelompok manusia. Secara umum, stratifikasi sosial melibatkan pembagian masyarakat menjadi kelompok-kelompok yang memiliki tingkat kemuliaan, harta benda, kekuasaan, dan akses terhadap sumber daya yang berbeda-beda.

Untuk memahami konsep stratifikasi sosial yang lebih mendalam, mari kita bahas lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan, serta penjelasan detail dari fenomena ini.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Stratifikasi Sosial

Kelebihan:

1️⃣ Menciptakan Efisiensi Sosial: Stratifikasi sosial dapat menciptakan efisiensi dalam masyarakat. Dengan adanya stratifikasi, pekerjaan dan tanggung jawab dapat dibagikan secara lebih efisien berdasarkan keahlian dan kemampuan masing-masing individu.

2️⃣ Meningkatkan Motivasi dan Kompetisi: Stratifikasi sosial mendorong individu untuk bekerja lebih keras untuk meningkatkan posisi sosialnya. Kompetisi di antara individu-individu juga muncul dalam upaya untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi dalam hierarki sosial.

3️⃣ Memperkaya Kehidupan Masyarakat: Dengan adanya stratifikasi sosial, terbentuklah berbagai kelompok sosial dengan kekhasan dan budaya berkembang di dalamnya. Hal ini dapat memperkaya kehidupan masyarakat dengan adanya variasi dalam budaya, kepercayaan, dan nilai-nilai yang berbeda.

4️⃣ Meningkatkan Koordinasi Sosial: Stratifikasi sosial juga dapat meningkatkan koordinasi sosial dalam masyarakat. Organisasi sosial yang ada dalam stratifikasi dapat membantu dalam mengatur dan mengoordinasikan aktivitas yang dilakukan oleh anggota masyarakat.

5️⃣ Memfasilitasi Pencapaian Tujuan: Dalam stratifikasi sosial, individu dapat memiliki impian dan aspirasi untuk mencapai posisi yang lebih tinggi dalam hierarki sosial. Hal ini mendorong mereka untuk bekerja keras dan fokus dalam mencapai tujuan mereka.

6️⃣ Identitas Sosial yang Jelas: Dengan adanya stratifikasi sosial, individu memiliki identitas sosial yang jelas dalam masyarakat. Identitas ini dapat memberikan mereka rasa memiliki dan keterikatan dengan kelompok sosial tertentu, serta memberikan pengakuan dan penghargaan dari masyarakat.

7️⃣ Membantu Penyelenggaraan Masyarakat: Stratifikasi sosial dapat membantu dalam penyelenggaraan masyarakat. Dalam stratifikasi, terdapat berbagai peran dan tanggung jawab yang dapat dipertukarkan antar kelompok sosial, sehingga pemenuhan kebutuhan dan pelayanan masyarakat dapat terlaksana dengan lebih efektif.