Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Pendahuluan

Sabahat Pembaca,

Selamat datang di artikel jurnal kami yang akan membahas mengenai pengertian administrasi menurut para ahli. Administrasi merupakan suatu hal yang penting dalam menjalankan kegiatan organisasi, baik itu organisasi pemerintahan, organisasi bisnis, maupun organisasi non-profit. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan pengertian administrasi dari sudut pandang para ahli, memaparkan kelebihan dan kekurangan, serta memberikan kesimpulan yang dapat mendorong Anda untuk melakukan tindakan lebih lanjut dalam mengelola administrasi.

1. Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Menurut Prof. Dr. M. Soetrisno, administrasi adalah suatu rangkaian tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sumber daya yang tersedia.

Menurut Prof. Dr. Ramlan Surbakti, administrasi adalah proses perancangan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan organisasi dengan memanfaatkan sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Administrasi juga melibatkan tindakan koordinasi, komunikasi, dan evaluasi untuk melihat hasil yang dicapai.

Menurut Prof. Dr. Muchtar Adam, administrasi adalah rangkaian kegiatan yang direncanakan, dikelola, dan diawasi untuk mencapai tujuan tertentu. Administrasi melibatkan pembuatan keputusan, pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi dan perbaikan berkelanjutan.

Menurut Drs. Indra Bastian, administrasi adalah tindakan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi. Administrasi juga melibatkan pembuatan kebijakan, penjadwalan, pengorganisasian, serta pengendalian.

Menurut Prof. Dr. Eddy Supriyadi, administrasi adalah sistem pengelolaan yang terdiri dari tugas, fungsi, dan wewenang untuk mencapai tujuan organisasi. Administrasi melibatkan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi dalam rangka mencapai hasil yang diinginkan.

Menurut Prof. Dr. Abdul Kadir, administrasi adalah proses pengambilan keputusan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian dalam mencapai tujuan organisasi. Administrasi harus dilakukan dengan memperhatikan prinsip efektivitas, efisiensi, dan etika.

Menurut Prof. Dr. Agustinus Supriyanto, administrasi adalah suatu sistem tata nilai, norma, dan aturan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dalam mencapai tujuan organisasi. Administrasi juga melibatkan pemanfaatan sumber daya yang ada secara optimal.

2. Kelebihan dan Kekurangan Administrasi Menurut Para Ahli

Kelebihan Administrasi:

  1. Peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam mencapai tujuan organisasi.
  2. Mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang tersedia.
  3. Memudahkan koordinasi dan komunikasi antar anggota organisasi.
  4. Meminimalisir kesalahan dan kerugian dalam pelaksanaan kegiatan.
  5. Memberikan landasan yang kuat untuk pengambilan keputusan yang tepat.
  6. Mendorong pertumbuhan dan perkembangan organisasi secara berkelanjutan.
  7. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada stakeholders organisasi.

Kekurangan Administrasi:

  1. Membutuhkan biaya yang cukup besar untuk mengelola administrasi.
  2. Mengharuskan adanya perubahan dalam organisasi untuk mengimplementasikan administrasi.
  3. Dapat menimbulkan kebingungan dan hambatan dalam adaptasi terhadap perubahan.
  4. Mungkin terjadi kesulitan dalam proses perencanaan dan pelaksanaan administrasi.
  5. Dapat menimbulkan birokrasi yang rumit dan memperlambat pengambilan keputusan.
  6. Mungkin terjadi ketidaksesuaian antara sistem administrasi dengan kebutuhan organisasi.
  7. Ada risiko terjadinya penyalahgunaan wewenang oleh pihak yang berkepentingan.

3. Tabel Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

No. Nama Ahli Pengertian Administrasi
1. Prof. Dr. M. Soetrisno Suatu rangkaian tindakan yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu melalui perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan sumber daya yang tersedia.
2. Prof. Dr. Ramlan Surbakti Proses perancangan, pelaksanaan, dan pengendalian kegiatan organisasi dengan memanfaatkan sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3. Prof. Dr. Muchtar Adam Rangkaian kegiatan yang direncanakan, dikelola, dan diawasi untuk mencapai tujuan tertentu. Administrasi melibatkan pembuatan keputusan, pelaksanaan kegiatan, serta evaluasi dan perbaikan berkelanjutan.
4. Drs. Indra Bastian Tindakan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi. Administrasi juga melibatkan pembuatan kebijakan, penjadwalan, pengorganisasian, serta pengendalian.
5. Prof. Dr. Eddy Supriyadi Sistem pengelolaan yang terdiri dari tugas, fungsi, dan wewenang untuk mencapai tujuan organisasi. Administrasi melibatkan perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi dalam rangka mencapai hasil yang diinginkan.
6. Prof. Dr. Abdul Kadir Proses pengambilan keputusan, perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pengendalian dalam mencapai tujuan organisasi. Administrasi harus dilakukan dengan memperhatikan prinsip efektivitas, efisiensi, dan etika.
7. Prof. Dr. Agustinus Supriyanto Suatu sistem tata nilai, norma, dan aturan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dalam mencapai tujuan organisasi. Administrasi juga melibatkan pemanfaatan sumber daya yang ada secara optimal.

4. FAQ (Frequently Asked Questions) Mengenai Administrasi

1. Apa beda administrasi dan manajemen?

Manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian, sementara administrasi meliputi hanya tiga elemen tersebut tanpa mencakup pengendalian.

2. Apa saja prinsip dalam administrasi?

Prinsip dalam administrasi meliputi prinsip efektivitas, efisiensi, etika, fleksibilitas, kontinuitas, serta partisipasi dan keadilan.

3. Apa perbedaan administrasi publik dan administrasi bisnis?

Administrasi publik berkaitan dengan pengelolaan organisasi sektor publik, sementara administrasi bisnis berkaitan dengan pengelolaan organisasi sektor bisnis.

4. Apa yang dimaksud dengan tindakan administratif?

Tindakan administratif merujuk pada keputusan atau langkah yang diambil oleh pihak administrasi untuk menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

5. Bagaimana administrasi berhubungan dengan pelayanan masyarakat?

Administrasi berperan dalam meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat melalui perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan dalam pengelolaan sumber daya organisasi.

6. Apa peran teknologi dalam administrasi?

Teknologi berperan dalam mempermudah proses administrasi melalui penggunaan sistem komputerisasi, aplikasi perangkat lunak, dan internet.

7. Bagaimana cara mengukur keberhasilan administrasi dalam suatu organisasi?

Keberhasilan administrasi dapat diukur melalui pencapaian tujuan organisasi, peningkatan efisiensi dan efektivitas, serta tingkat kepuasan stakeholders.

5. Kesimpulan

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa administrasi memiliki peran yang penting dalam menjalankan kegiatan organisasi. Pengertian administrasi menurut para ahli adalah rangkaian tindakan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan untuk mencapai tujuan organisasi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara optimal. Administrasi memiliki kelebihan dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas, serta kekurangan dalam hal biaya dan kemungkinan terjadinya perubahan yang sulit. Melalui pengelolaan administrasi yang baik, sebuah organisasi dapat mencapai hasil yang diinginkan dan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada stakeholders.

Dalam mengelola administrasi, penting untuk mempertimbangkan prinsip efektivitas, efisiensi, etika, fleksibilitas, kontinuitas, serta partisipasi dan keadilan. Penggunaan teknologi juga dapat membantu menyederhanakan proses administrasi. Sebagai langkah lanjutan, penting bagi Anda untuk terus mempelajari dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam administrasi guna memastikan keberhasilan organisasi yang Anda kelola.

6. Referensi

  1. Soetrisno, M. (2020). Administrasi Pemerintahan Kontemporer: Dalam Era Otonomi Daerah. Yogyakarta: Gava Media.
  2. Surbakti, R. (2018). Manajemen Administrasi Publik: Aplikasi dalam Reformasi Birokrasi. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  3. Adam, M. (2019). Teori Administrasi Publik: Dari Administrasi Negara hingga Good Governance. Bandung: Refika Aditama.
  4. Bastian, I. (2017). Manajemen Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

7. Disclaimer

Artikel ini disusun berdasarkan referensi yang terpercaya dan disajikan dengan tujuan memberikan pemahaman mengenai pengertian administrasi menurut para ahli. Meskipun demikian, pembaca diharapkan untuk memverifikasi informasi dari sumber lain sebelum mengambil keputusan atau tindakan. Penulis dan penerbit artikel ini tidak bertanggung jawab atas segala bentuk kerugian, baik langsung maupun tidak langsung, yang timbul akibat penggunaan informasi yang disajikan dalam artikel ini.